Selasa, 29 Maret 2016

Tiga Poin Penting Dalam Mendesain Kamar Tidur Anak


Sering kali kita sebagai orang tua kurang memperhatikan desain kamar tidur untuk anak, padahal hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan psikologi anak-anak. Karena pada dasarnya selain berfungsi untuk tempat beristirahat, di kamarlah anak akan menghabiskan hampir sebagian besar waktunya untuk bermain dan belajar. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan penting untuk dipertimbangkan sebelum kita mendesain kamar tidur untuk anak.

·         Tema kamar tidur anak
Dalam menentukan kamar tidur pada anak kita jangan memutuskan tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan anak. Ajak anak untuk berdiskusi dalam menentukan tema apa yang diinginkannya atau karakter yang disukainya, kemudian realisasikan tema apa yang anak kita inginkan agar mereka senang dan merasa nyaman di kamar tidurnya.

·         Pilih warna yang mencerahkan kamar tidur anak
Biasanya kita sebagai orang tua terlalu terkonsep dalam pemikiran bahwa kamar anak laki-laki harus berwarna biru, dan untuk kamar anak perempuan harus berwarna pink. Padahal warna-warna tersebut cenderung terlihat monoton, kita bisa memilih warna-warna pastel atau pun warna-warna yang lembut namun memberikan kesan yang ceria dan cerah agar anak tetap merasa nyaman.

·         Pemilihan Furniture
Pada dasarnya seperti halnya pada tema kita bisa berdiskusi dengan anak apakah tema yang anak kita sukai akan diaplikasikan pada furniture, karena konsep tematik pada pemilihan furniture akan membantu merangsang daya imajinasi anak. Namun, efektivitas pemakaiannya tidak akan berlangsung lama karena anak pada dasarnya cenderung memiliki sifat bosan dan memiliki peralihan selera ketika dia beranjak remaja. Pilihlah material finishing yang dipilih tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Pemilihan tempat tidur atau matras pada anak pun perlu diperhatikan pilihlah matras yang memiliki teknologi 3-zone contour innerspring system dan busa elastis UETR, matras jenis ini dimiliki oleh matras king koil kids collection matras ini memberikan distribusi berat yang lebih baik untuk menopang tulang punggung dan mempunyai sirkulasi udara yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur anak-anak.

Space untuk penyimpanan barang anak juga harus diperhatikan karena anak biasanya memiliki barang yang cukup banyak termasuk mainan-mainannya, tidak perlu membeli kita juga bisa berkreasi membuat box mainan anak dari keranjang yang tidak terpakai yang bisa kita cat ulang atau kita desain sedemikian rupa, pembuatan siku-siku di dinding juga bisa digunakan untuk penyimpanan miniatur atau pun figur mainan anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar