Rabu, 11 Mei 2016

Kurang Tidur Pemicu Stres dan Perburuk Daya Ingat

Tahukah jika kekurangan tidur bukan hanya membuat tubuh kita letih, kurang tidur pun bisa membuat kita menjadi stres dan memperburuk daya ingat kita. Seperti yang dilansir dari laman Huffington Post, penelitian skala kecil dari Uppsala University di Swedia menyatakan kurang tidur berdampak buruk pada fungsi kognitif, menurut ilmuwan saraf dan pemimpin penelitian ini, dokter Jonathan Cedernases, kurang tidur bisa menyebabkan stres dan stres bisa menyebabkan kita sulit mengingat sesuatu.

Jika kita kekurangan tidur, ketika kita terbangun kita akan merasa lelah dan kita akan jauh lebih sensitif, bahkan semakin kita mencapai puncak lelah biasanya kita pun tidak bisa mengontrol emosi kita dengan baik, hal itu yang menimbulkan stres. Bayangkan jika kita memiliki banyak pekerjaan dengan kondisi tubuh kita yang lelah karena kurang tidur. Usahakan untuk bisa tidur tepat waktu, jangan memikirkan hal buruk yang justru akan membuat kita semakin sulit tidur, pastikan kondisi kamar bisa membuat kita nyaman pada saat tidur.


Jika tidur yang kurang disebabkan tempat tidur atau matras yang kurang nyaman, maka kita bisa menggantinya dengan memilih matras yang memiliki kenyamanan yang sempurna, pilih matras yang proposional dalam menopang berat tubuh, memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga tidak lembab, mencegah berkembang biaknya jamur dan bakteri seperti matras talalay, dan memiliki sel yang terbuka. Namun, apabila kekurangan tidur disebabkan oleh hal lain misalnya karena beban pikiran yang sedang kita hadapi, kita bisa meringankan beban kita terlebih dahulu melalui tulisan sambil mendengarkan musik klasik dan menyalakan lilin aroma terapi agar bisa merelaksasi tubuh kita. Dengan melakukan hal tersebut kita bisa menghindari stres dan tidak khawatir daya ingat kita menurun karena kekurangan tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar